Buckethead: Gitaris Terbaik Dan Nyentrik.

- 7/22/2019
advertise here
Buckethead: Gitaris Terbaik dan Nyentrik.

Bicara tentang musik, musik bukan semata bernyanyi dengan nada-nada indah dan lirik yang penuh makna saja. Ada permainan instrument yang tak kalah indah dan saling melengkapi satu sama lain. Ada Bass, Drum , dan tentu saja Guitar. Kurang lengkap rasanya apabila seseorang bernyanyi namun tak ada instrument yang menopangnya. Nah pada artikel kali ini gw bakal bahas salah seorang pemusik yang jago banget dalam bermain guitar, yap dia adalah Buckethead, salah satu gitaris terbaik dengan gayanya yang nyentrik. Berikut biografi lengkap tentang guitarist satu ini.



Buckethead: Gitaris Terbaik Dan Nyentrik.
Gambar: http://littlevillagemag.com

  • Nama panjangnya adalah Brian Patrick Carroll yg lahir di kota California, pada tanggal 13 Mei 1969. Buckethead dilahirkan di keluarga miskin yg tinggal di pinggiran California yg dekat dgn Disneyland bersama 4 sodaranya. Buckethead dulunya anak yg pemalu yg suka mengurung diri di kamarnya sambil membaca komik beserta mainan2nya. Buckethead waktu kecil sering menghabiskan waktunya di Disneyland. Namun saat berusia 12 thn, keluarga Buckethead pindah ke Huntington Beach dan disinilah Buckethead belajar musik privat dari Styles Music.
Buckethead: Gitaris Terbaik Dan Nyentrik.
Gambar: https://s3.amazonaws.com

  • Yang pernah menjadi guru Buckethead saat itu adalah Max McGuire, Johnny Fortune, Mark Hammond, Pebber Brown dan Paul Gilbert.


  • Buckethead ingin mempunyai ciri khas tersendiri, makanya dia terinspirasi dari film Halloween 4 yg menampilkan topeng berwarna putih yg menakutkan. Lalu "bucket" (tempat makan), terinspirasi saat dia makan di KFC malam2. Lalu dia pergi ke cermin dgn menaruh tempat makan dan topeng, dia melihat dan berkata "Buckethead" dari disinilah nama Buckethead dipakainya terus.
Buckethead: Gitaris Terbaik Dan Nyentrik.
Gambar: http://www.seattlemusicnews.com

  • Buckethead bergabung dgn band yg bernama Class X, namun keluar di thn 1988 dan merilis lagu yg berjudul "Brazos" yg diikutkan tanding di kontes di majalah Guitar Player hingga akhirnya meraih peringkat 2. Para juri memuji teknik yg dimiliki Buckethead yg dibilang hampir setara dgn sang gurunya yaitu Paul Gilbert dgn nada2nya yg harmonis namun terdengar sangar dgn irama2 klasik Metal. Di thn 1990, Buckethead membentuk band beraliran Avant-garde yg dinamakan Deli Creeps.


  • Buckethead merilis album solo pertamanya di thn 1992 dgn judul Bucketheadland dan juga di thn 1994 dgn judul Giant Robot. Di thn 1992, Buckethead diajak gabung dgn band yg bernama Praxies. Di thn 1993, Buckethead mengikuti audisi pencarian gitaris baru di RHCP, namun sayangnya tidak lolos karena RHCP lebih memilih Arik Marshall yg kemudian diganti oleh Dave Navarro. Buckethead sempat mengalami mimpi buruk ketika memakai topeng hitam mirip Darth Vader saat membentuk Death Cube K.


  • Buckethead juga mengisi lagu soundtrack film Beverly Hills Ninja dan Mortal Kombat: Annihilation. Di thn 1999, Buckethead merilis album solonya lagi yg dibantu oleh Les Claypool. Buckethead juga berkolaborasi dgn proyek lain spt Cobra Strike dan Cornbugs. Kepopupelaran Buckethead mulai muncul ketika memilih gabung bersama GNR setelah Robin Finck memilih balik lagi bersama bandnya yg bernama Nine Inch Nails. Buckethead sebenarnya punya peran di beberapa lagu yg ada di album GNR yg berjudul Chinese Democracy.
Buckethead: Gitaris Terbaik Dan Nyentrik.
Gambar: https://www.dcmusicreview.com

  • Buckethead saat itu juga mempunyai proyek sampingan yaitu band yg bernama Thanatopsis dan berkolaborasi dgn Shin Terai. Buckethead merasa jenuh bersama GNR karena perilisan albumnya tertunda terus hingga akhirnya dia keluar dari GNR di thn 2004. Buckethead keluar dari GNR tidak memberi tahukan siapa2 dan susah berkomunikasi dgn Buckethead. Ozzy Osbourne sebenarnya tertarik merekrut Buckethead di bandnya, tapi Buckethead tidak mau menuruti keinginan Ozzy Osbourne menghapus dandanannya.


  • Buckethead tetap bersikukuh tidak akan mengganti gayanya saat itu dan karakter spt Buckethead ini dimasukkan di video game Guitar Hero. Buckethead pernah berkolaborasi dgn Brain, Travis Dickerson, Jonas Hellborg, Alix Lambert, Viggo Mortonsen, Arcana, Colonel Claypool, El Stew dll. Buckethead juga pernah bekerja sama dgn vokalis SOAD yaitu Serj Tankian dan dithn 2010 membentuk band lagi yg bernama Pikes. Banyak aliran musik yg dikuasai oleh Buckethead yaitu Rock, Metal, Funk, Blues, Jazz, Bluegrass, Ambient dan Avant-garde.


  • Banyak musisi yg diidolakan oleh Buckethead dan sekaligus inspirator2nya spt Michael Jackson, Parliament-Funkadelic, Shawn Lane, Michael Schenker, Uli Jon Roth, Paul Gilbert, Yngwie Malmsteen, Eddie Hazel, Randy Rhoads, Larry LaLonde, Mike Patton, James Cutri, Louis Johnson, Jimi Hendrix, Jennifer Batten, The Residents, Eddie Van Halen dan Angus Young.


  • Olahragawan favoritnya adalah Michael Jordan dan pesi Michael Jordan dan pesilat favoritnya yaitu Bruce Lee. Buckethead berada diperingkat 8 di Top 10 Fastest Guitar Shredders of All Time versi majalah GuitarOne dan majalah Guitar World memasukkan nama Buckethead di daftar 25 All Time Weirdest Guitarist.



     Buckethead adalah sosok guitarist yang experimental dan punya segudang ide tentang nuansa music. Musiknya seperti pencampuran antara dua sisi dimensi ,yaitu human dan robotic. 

     Semua nuansa ada, dari yang paling keras, techno, cosmic, sampai yang paling sedih sekalipun beliau punya. Gw rasa beliau juga tipikal orang yang tidak terlalu senang sama eksistensi yang berlebihan dan komersialisme yang tinggi.

    Menurut yang gw baca di Reddit, Buckethead ini sudah release 269 studio albums, angka yang fantastis banget untuk ukuran seorang musisi. Gila!. Dan gw baru denger beberapa aja track nya beliau. Cukup banyak dan berikut adalah the best track nya Buckethead menurut gw:




Big D's Touch
Gambar: https://img.discogs.com

Song Name: Big D’s Touch
Album: A Real Diamond In The Rough
Rilis: 2009
Genre : psychedelic rock



Nottingham Lace
Gambar: https://images-na.ssl-images-amazon.com

Song Name: Nottingham Lace
Album : Enter The Chicken
Tahun Rilis : 2005
Genre : Alternatif/ Indie


Soothsayer
Gambar: https://img.discogs.com

Song Name: Soothsayer
Album : Crime Slunk Scene
Tahun Rilis : 2006             
Genre : Classic


Padmasana
Gambar: https://img.discogs.com

Song Name: Padmasana
Album : Electric Tears
Tahun Rilis : 2002
Genre : Rock


Jordan
Gambar: https://images-na.ssl-images-amazon.com

Song Name: Jordan
Album : -
Tahun Rilis : 2009





Gayanya yang calm dan karakter khas “Buckethead” yang biking gw demen sama beliau. Idenya tergolong anti mainstream jika dibandingkan dengan guitarist lain. Pattern yang keluar jalur,nuansa yang variatif dan dinamik. Jika kalian pernah mendengarkan Single populernya yang berjudul Jordan, suara yang dihasilkan ditrack tersebut tergolong unik, dalam dunia guitar ,dia menggunakan perangkat built-in bernama Kill Switch.
Buat kalian yang belum pernah mendengarkan track nya bang Bucky ini, boleh dicoba beberapa yang gw sebutin diatas. Sekian dulu artikel gw tentang Buckethead, si wajah bertopeng yang penuh ekspresi dalam karya-karyanya.


Advertisement advertise here