5 Hal Yang Bisa Kamu Control.

- 8/09/2019
advertise here
5 Hal Yang Bisa Kamu Control

Dalam hidup ini, banyak hal yang diluar kendali kita. Ironisnya, hal-hal yang berada di luar kendali kita ini seringkali merupakan sumber penyebab kita mengalami stres dalam keseharian kita. Alangkah disayangkan bila kita mengalokasikan banyak energi kita untuk merasa stres dan pusing memikirkan hal-hal yang berada di luar kendali kita. Daripada focus dengan hal yang diluar kendali kita, lebih baik kita focus sama hal yang bisa kita control berikut ini.




1.Perspektifmu.
5 Hal Yang Bisa Kamu Control.
pexels.com

     Hidup itu masalah, kalau tidak ada masalah dalam hidupmu, sudah dipastikan hidupmu bermasalah. Intinya bahwa hidup adalah tentang segala permasalahan dan, probematika. Tinggal bagaimana kita ,menyikapi dengan sudut pandang terbaik yang kita punya. Memiliki perspektif yang baik dapat menghindarkanmu dari terseret ego orang lain. 

   Janganlah mengikuti apa yang ingin diraih orang lain, seperti ketika seseorang ingin agar kita dendam, jangan lah kita dendam. Kita boleh mencoba melihat dari sudut pandangnya, tapi kita mesti juga punya semacam goal yang ingin kita dapatkan dan bukan mengikuti goalnya dia.



2.Usahamu.

5 Hal Yang Bisa Kamu Control
pexels.com

    Sudah pasti usahamu perlu untuk dikoreksi lagi, apakah sudah benar? Apakah sudah tepat? Sudah all out? Berdasar pengalaman saya dalam bekerja, banyak orang yang melakukan hal dengan keras tapi tidak efektif, maksud saya adalah mereka menghabiskan banyak waktu namun sedikit yang mereka dapatkan. 

    Jelas ada suatu hal yang salah disini. Ada juga yang melakukan aktifitas yang tidak terlalu banyak memakan waktu namun cukup efektif karena usahanya dilakukan dengan tepat dan benar. Seperti contoh ketika kita berlatih di gym, niat kita adalah berlatih untuk otot bahu dan lengan, tapi malah otot punggung yang kita latih,karena bisa jadi ada kesalahan dalam pemilihan alat yang tidak tepat. Intinya tetaplah berusaha ,karena kepuasan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki.


3.Buku yang kamu baca.

5 Hal Yang Bisa Kamu Control
pexels.com


   Buku adalah jendela dunia, karena dengan membaca buku kita bisa tahu segala hal yang tidak kita tahu sebelumnya. Walaupun sudah ada internet, keberadaan buku tetap tak bisa tergantikan. Pilihlah jenis buku yang kamu minati, apakah sastra atau religi ,bebas. Yang jelas, semakin banyak kita membaca buku, makin banyak –inspirasi-inspirasi baru yang akan kita dapatkan dan menjadikan kita lebih produktif.





4.Caramu hadapin resiko.

5 Hal Yang Bisa Kamu Control
pexels.com


    Setiap proses dalam mencapai tujuan pasti mempunyai resiko tersendiri, jadi selalulah jaga semangat dan keberanian dalam diri. Orang yang cepat berputus asa adalah orang yang mentalnya lemah. Asah terus mentalmu , karena mental yang kuat adalah kunci untuk berani menghadapi resiko. Jangan juga kebanyakan mengeluh, hadapi masalahmu dengan penuh keyakinan. Pahami betul sebab utama terjadinya masalah hidupmu, setelah itu baru pikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikannya.



5.Mindsetmu.

5 Hal Yang Bisa Kamu Control
pexels.com


  Mindset is everything. Menjaga pola pikir agar tetap positif adalah sebuah keharusan dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang memiliki mindset yang baik akan menginvestasikan waktu da energinya untuk pengembangan diri, baik dari aspek skill, kepribadian , hingga iman. Intinya menggunakan waktu dan pikirannya untuk hal-hal yang bermanfaat. Pola pikir positif adalah sifat nuraniah ,sifat kodrati dri kita. 

  Namun seringkali karena kita terbiasa mengedepankan ego, pola pikir kita menjadi negatif. Jadi ingatlah satu hal bahwa kebahagiaan bukan ditentukan oleh kondisi materi, tapi dari mindset / pola pikir yang positif.




5 Hal Yang Bisa Kamu Control.
pexels.com


Menjalani kehidupan dengan baik merupakan tujuan kebanyakan orang, baik disini berarti hidup yang berkecukupan, dan mempunyai cukup materi untuk kebutuhan hidup. Namun sering kali jalan menggapai keinginan itu tidak diperhatikan dengan baik oleh kebanyakan orang. Barangkali ada beberapa hal yang menurut khalayak tidak begitu penting, tapi sebenarnya mempunyai manfaat yang luar biasa untuk mencapai tujuan.

Sering kali kita berusaha untuk mengatur semuanya sesuai dengan rencana kita, bekerja keras dengan penuh perhitungan. Namun hidup kadang tidak berjalan mulus sesuai rencana awal. Dan pada akhirnya kita akan mendapati rasa kecewa karena rencana yang sudah kita susun sejak awal tidak berhasil. Tapi tidak mengapa, tinggal bagaimana pemahamanmu saja terhadap apa yang kamu sebut kegagalan itu. Kegagalan jangan juga dianggap jelek, karena dengan kegagalan itulah kita dapat mengetahui kesalahan kita. Jika dimaknai lebih dalam lagi, kegagalan ini sebenarnya menyadarkan kita bahwasanya ada banyak hal yang out of range atau diluar kendali kita. Dari pada focus dengan hal yang diluar kendali kita, lebih baik kita focus saja dengan hal yang bisa kita control.


5 Hal Yang Bisa Kamu Control.


Advertisement advertise here