Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Kerja Di Industri Manufacture

Pengalaman Kerja Di Industri Manufacture.

    Di artikel kali ini gw bakal sharing pengalaman gw bekerja di salah satu perusahaan manufacture populer dengan produk bekennya yaitu Honda. Banyak sekali pengalaman yang gw dapatkan ketika bekerja di perusahaan ini secara juga ini adalah tempat bekerja pertama gw secara resmi . gw resmi diakui sebagai karyawan sejak tahun 2017 kemarin hingga 2019. Sebelum gw bercerita panjang lebar mengeai seluk beluk pengalaman gw, bakal gw mulai dulu dari fase gw mendaftar sampai diterima dan menjalani pelatihan calon karyawan di Polman Astra.

   Gw adalah pribadi lulusan dari salah satu SMK Negeri di daerah Cilacap, menjelang masa kelulusan peserta didik, banyak sekali lowongan pekerjaan yang tersedia di BKK sekolah ataupun madding sekolah. Wajar saja karena ini adalah SMK yang orientasi nya adalah lulus langsung kerja. Ini juga adalah motto sekolah saya dulu uwekeekke. Jika gw perhatikan lagi track record gw, waktu dimana gw menjalani tes masuk hingga keberangkatan untuk proses training calon karyawan terbilang perfect, pas dan tepat waktunya, lulus langsung kerja.

   Tes masuk berlangsung di hari setelah siswa selesai menjalani Ujian Nasional, yang mana itu adalah fase tenang para siswa juga hari free yang cukup lama sampai hasil ujian terbit. Waktu tesnya sendiri menghabiskan 1 sampai 2 minggu yang mana diselenggarakan di sekolah sendiri, dari Psikotest hingga Medical Check up semua terselenggara di aula sekolah. Puji Tuhan gw tidak perlu jauh-jauh pergi seperti panggilan sekarang ini. Selang beberapa hari setelah wisuda pelepasan siwa kelas XII, jadwal pemberkasan pun turun sekaligus di briefing waktu pemberangkatan training.
  • Juni – Juli 2017
Pengalaman Kerja Di Industri Manufacture.
Training Basic Competency Casting Politeknik Manufaktur Astra.

   2 bulan tesebut adalah waktu yang diperlukan untuk gw menjalani fase menjadi karyawan di industry manufacture, mulai dari fitting baju, sepatu,Aergonomi & Safety Riding, training basic competency dan pengenalan job desk,pembuatan rekening, id card hingga akhirnya masa sign contract dan penempatan di plant mana gw bakal bekerja nanti. Pabrik Manufacture tempat gw bekerja ini punya 4 main plant yaitu Karawang, Cikarang, Sunter, dan Pegangsaan. Dan gw pun ditempatkan di Plant 2 Pegangsaan. Dan sesuai yang tertera di surat perjanjian gw ditempatkan di Divisi Casting bagian Low Pressure Die Casting. Intinya garis besar Divisi ini adalah pencairan logam yang selanjutnya dituang ke dalam cetakan. Produk yang dihasilkan adalah Cylinder Head All Type dan Piston.

   Dan gw kedapatan menjadi Operator untuk Mesin Jacket Core Making yaitu pekerjaan mencetak pasir menjadi bentuk tertentu untuk membuat rongga dalam hal ini jacket yaitu untuk membuat lubang busi dan saluran aliran udara luar, Tappet untuk lubang mekanisme katup  dalam cylinder head, dan Chain untuk lubang tempat rantai cam chain. Ada juga Port Core untuk membuat saluran lubang pada masuk dan buang gas pembakaran. Jadi kalau diurutkan pekerjaan yang dilakukan di Divisi LPDC ini urutannya adalah Jacket & Port Core > LPDC > Heat Treatment /Calcination > Chipping > Cutting > Trimming > Welding > Blasting > Finish Good lanjut Ke Divisi Maching. 2 tahun gw menjalani serangkaian karir di divisi tersebut hingga menetap menjadi Operator Jacket hingga masa kontrak habis.

   Upah awal masuk di tahun 2017 kemarin yaitu UMR masih di angka Rp.3.900.000/Bulan ditambah uang transport dan itupun belum termasuk lembur. Mendapat gaji sampai 2 digit bukan perkara sulit jika bekerja di Casting dan mujurnya gw adalah gw masuk di divisi Casting yang mana Casting adalah divisi dengan intensitas lembur paling tinggi dibanding divisi lainnya, lha gimana ndak lembur, casting sendiri adalah dapur juga step awal manufacture di pabrik, kalau casting nggak jalan, sudah jelas divisi didepannya bakal off uwekekeke.


Pengalaman Kerja Di Industri Manufacture.
Jersey Futsal HPDC Dan LPDC.

   Banyak pengalaman yang didapat dari gw bekerja di Industry Manufacture ini. Teruntuk PT.AHM, terima kasih atas pengalamannya, dari sinilah sebagian kecil Tuhan membentuk diri gw, digempur habis habisan tentang mental dan kekuatan fisik. Berlanjut soal suka dan duka, Ada yang bilang bekerja di pabrik itu banyak keresahan yang dirasakan, nah .. enak atau enggak nya bekerja itu tergantung, kalau kata orang Jawa sawang sinawang sebenernya, belum tentu kita liat orang lain banyak duit itu ngerasa enak, lha kalau banyak duit tapi nggak bisa menikmati karna kena penyakit ya sama juga bohong, mungkin mereka yang banyak duit ngliat kita yang sehat juga iri karna bisa nikmatin hidup. Setelah kontrak selesai, gw pun cabut dari perusahaan tersebut. 2 tahun cukup bagi gw untuk bekerja di pabrik, selain karena pekerjaannya monoton dan bukan passion gw, seandainya gw ditawari menjadi karyawan tetap pun gw enggan, karena minat gw bukan di pabrik. Pengangkatan karyawan tetap, sepertinya ideal untuk orang-orang yg menjadi "asset" di perusahaan supaya engga pindah ke competitor, dan dengan senang hati gw tidak termasuk didalamnya, yeakh. Dan di waktu sekarang ini juga, menjadi kepala semut nampaknya bukan ide yang buruk dibandingkan menjadi ekor singa.

   Buat kalian yang sudah singgah sejenak menyempatkan untuk membaca pengalaman gw ini, gw ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel menarik MudalWays lainnya.


Pengalaman Kerja Di Industri Manufacture.
Low Pressure Die Casting Pegangsaan 2 Tahun 2017.
Andrea Aldy.
Andrea Aldy. Andrea Aldy is a book freak with the goal to read every book in existence. He's aiming for immortality for this. When not reading, he writes things and blog.

Post a comment for "Pengalaman Kerja Di Industri Manufacture"

Berlangganan via Email