Tips Menulis Resensi Yang Baik.

- 1/20/2020
Tips Menulis Resensi Yang Baik.

   Sebelum kita menulis resensi ada baiknya kita menyegarkan ingatan kita terlebih dahulu tentang apa itu resensi. Siapa tau ada yang sudah memudar ingatannya soal resensi dan pengertiannya. Resensi adalah suatu kegiatan mengulas atau menilai baik buruknya suatu karya sastra baik itu berupa buku, novel, maupun film dengan cara memaparkan data-data, synopsis, dan kritikan terhadap karya tersebut. Dalam KBBI, resensi diartikan pertimbangan atau pembicaraan tentang buku. 
   Ada tujuan mengapa kita meresensi suatu karya yang umum diketahui, yaitu memberikan informasi terhadap pembaca tentang kehadiran karya sastra tersebut, juga untuk memberikan kritik dan saran terhadap penulis tentang isi dalam karya sastra tersebut. Bisa juga untuk membandingkan karya sastra yang satu dengan yang lain.



Jenis Resensi.
  •  Resensi kritis.
 Adalah resensi dengan bentuk ulasan yang mendetail atau rinci menggunakan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari jenis resensi ini biasanya objektif dan kritis di dalam menilai isi dari sebuah buku.
  • Resensi Deskriptif.
 Adalah jenis resensi yang menerangkan secara mendetail di setiap bab atau bagian dari buku yang di resensi.
  • Resensi Informatif.
 Adalah jenis resensi yang menerangkan sebuah isi dari resensi buku dengan singkat dan biasanya umum dari semua isi buku.

  

     Nah resensi yang bakal diulas dalam artikel ini adalah tentang resensi buku. Bagaimana cara membuat resensi yang baik, dan lain sebagainya. Yang pertama jelas persiapan kita sendiri untuk membuat resensi buku, yang bisa dilakukan dengan membaca buku yang akan diulas secara cermat dan kemudian dilakukan analisis baik itu terhadap isi buku, penyajian, dan bahasa yang digunakan. 
     Berikut contoh 3 resensi buku yang sudah saya buat:


Manfaat Resensi.

      Resensi bisa menjadi sarana promosi suatu karya, karena dengan adanya resensi, buku secara tidak langsung menjadi media promosi yang ampuh dan bisa saja gratis. Dan sebagai penulis, manfaat dari meresensi adalah semakin kita sering menulis secara tidak langsung keahlian menulis kita akan meningkat.



Tips Menulis Resensi Yang Baik.

  • Cantumkan keterangan buku, seperti judul, penulis, penerbit, cover, dll.
  • Tentukan judul dengan kalimat menarik. Judul resensi boleh sama dengan judul buku, tetapi tetap dalam konteks buku itu.
  • Perhatikan penulisan resensi, gunakanlah EYD dengan baik dan benar. Nggak harus baku/formal, minimal bisa dipahami pembaca.
  • Tulislah penilaian objektif terhadap kelebihan atau kekurangan buku itu.
  • Kita bisa mengomentari penokohan, alur, plot, sudut pandang dll.
  • Keterangan-keterangan tambahan juga bisa ditambahkan misalnya sampul, terjemahan,editing, ukuran huruf dll.
  • Agar lebih menarik, kita bisa cantumkan kutipan/quote yang bagus untuk di share.
  • Perhatikan panjang resensi, jangan terlalu panjang juga agar tidak membosankan.
  • Dan ini yang terpenting, jangan sampai resensi mencantumkan spoiler yang membuat pupusnya rasa ingin tau. Bahas sinopsisnya tanpa perlu sampai ke endingnya, biarkan pembaca penasaran dan tertarik membaca buku tersebut.
  • Di bagian akhir berikan rating penilaian.
   
    Demikianlah artikel tentang Tips Menulis Resensi Yang Baik. Baik tidaknya sebuah resensi itu relatif, karena sepasang mata yang satu belum tentu sama dengan sepasang mata yang lain dalam memandang dan menganalisa, uwekekeke. Semoga bermanfaat deh bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa di konten menarik MudalWays lainnya. See ya..
Tips Menulis Resensi Yang Baik.
Tips Menulis Resensi Yang Baik.
Advertisement