Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!

- 4/02/2020

Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!
  
     Akhir pekan kemarin, ketika sedang asyik surfing tentang tips untuk memaksimalkan blog dengan niche buku, saya menemukan tips promosi untuk blogger buku dalam pencarian yang saya lakukan, dan disajikan list website yang populer dengan ulasan buku seperti Goodreads, Booklikes, dan .. Netgalley? Netgalley? Apa ini? Ternyata eh ternyata, ini adalah platform yang cukup keren untuk para penerbit mendapatkan reputasi atas karya mereka, disini juga merupakan tempat untuk mendapatkan salinan digital dari buku yang sangat dinantikan kemunculannya, judul yang belum rilis di pasaran. Ini adalah kali pertama saya mengakrabkan diri dengan Netgalley. Jadi gimana nih cara kerja Netgalley? Setelah mendaftar dan sudah menjadi member selama beberapa hari di Netgalley, sedikit banyak saya bisa membaca bagaimana Netgalley ini bekerja. Dan kabar baiknya, semua informasi tentang Netgalley bakal kamu temukan di artikel ini.




  • Apa Itu Netgalley?

Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!

     Netgalley adalah suatu website yang menyediakan salinan digital (Advanced Readers Copy) sebuah buku untuk para member. Koleksi buku yang ad di Netgalley bisa dibaca dan di review secara gratis. Para pengarang buku menggunakan Netgalley untuk mendapatkan review untuk perilisan karya yang akan diterbitkan, bersamaan dengan ini, para reviewers berkesempatan untuk menjadi orang pertama yang membaca dan memberi komentar untuk karya mereka.
     Netgalley sendiri didirikan pada tahun 2008 dan langsung mendapatkan atensi yang luar biasa selang beberapa tahun setelah perilisannya, beriringan dengan situs populer untuk mengulas buku seperti Goodreads dan lain-lain. Netgalley merupakan tempat ideal bagi para pengarang buku untuk melihat performa karya yang bakal diterbitkan. Dengan semakin meningkatnya trafik Netgalley sampai saat ini, menjadi sign bahwa para penulis buku menyadari betul pentingnya ulasan sebuah buku yang bakal terbit, sejak dari penulisan pertama buku itu sendiri, juga untuk membangun reputasi karya mereka agar dapat memaksimalkan hasil penjualan nantinya.
     Sudah ribuan penulis dan penerbit menggunakan Netgalley, serta ratusan ribu orang bergabung untuk menjadi reviewers. Termasuk para reviewers yang ada di Netgalley adalah para "Professional Berpengalaman" seperti jurnalis, tenaga pendidikan, dan blogger buku seperti saya ini. Kita ngga harus punya blog pribadi untuk bisa mengakses fitur yang tersedia di Netgalley ini, yang penting punya minat baca aja, segera setelah melengkapi bagian profil dulu dengan lengkap yang ada di Netgalley.


Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!



  • Berapa Besarnya Harga Di Netgalley?


Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!

     Tidak ada tarif yang harus dibayar untuk bergabung di Netgalley sebagai Pembaca/Pengulas. Walaupun secara tarif memang gratis, tapi ada baiknya jika kita yang akan menjadi bagian Netgalley sebagai Reader/Reviewers tetap menulis review/ulasan untuk judul buku tertentu yang kita incar. Member yang jarang online tidak akan dihapus oleh pihak Netgalley, melainkan mengurangi peluang untuk mendapatkan salinan digital dari buku yang kita pilih untuk dibaca kedepannya.
     Nah kalau untuk Penulis/Penerbit beda lagi, ada harga yang harus dibayar dalam jangka waktu tertentu. Tersedia paket untuk penulis independen yang ingin mempromosikan karyanya di Netgalley, berkisar di harga $450 dan $849 untuk jangka waktu 6 bulan dengan berbagai keuntungan yang bakal didapatkan. Kalau untuk penerbit? jelas harus mengeluarkan nominal yang lebih besar dari penulis independen, karena penerbit pasti mempunyai banyak buku untuk dipromosikan. (Source: reedsy.com)


  • Cara Bergabung Di Netgalley Untuk Readers/Reviewers?
     Untuk menjadi anggota Netgalley, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar.
Klik Disini Untuk Mendaftar di Netgalley.
     Kolom yang harus diisi pada formulir tergolong standar seperti mendaftar keanggotaan pada umumnya. Nah, pada bagian Company, kita bisa isi dengan blog kita sendiri, misal: Mudalways.com. Selanjutnya kita bisa memilih posisi Reviewers atau opsi yang lain pada listicle yang tersedia tepat setelah kita mengisi kolom Country.


Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!

     Setelah kita terdaftar di Netgalley. Langsung saja kita cari buku tertentu yang kita incar atau kita bisa memilih beragam buku yang tersedia di Netgalley. Ada buku yang bisa langsung kita baca, ada juga yang musti mengajukan request terlebih dahulu kepada penerbit. Tips: semakin lengkap profil kita, semakin besar kemungkinan request atau permintaan kita dikabulkan oleh penerbit!.Yang perlu jadi catatan, Buku-buku di Netgalley ini tidak support Bahasa Indonesia, jadi kebanyakan karya hanya tersedia dalam bahasa Inggris.
Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!




Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!



  • Bagaimana Cara Membaca E-Book Yang Kita Unduh?
     Setelah kita sudah mendapatkan buku yang kita pilih, klik tombol Download yang tersedia. Setelahnya kita akan mendapatkan berkas yang kita unduh tadi dalam bentuk file ascm. Untuk bisa membuka file tersebut, kita harus menginstal Adobe Digital Editions lebih dulu (gratis). Buku yang kita dapatkan bisa saja memiliki Digital Rights Management, tergantung kebijakan penerbit.

Download 
Adobe Digital Editions.


Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!



  • Jangka Waktu E-Galleys.
     File E-Book yang kita dapatkan dari Netgalley mempunyai lifetime selama 57 hari sejak pertama kali dibuka di Adobe Digital Editions. Kalau sampai lifetime itu habis dan kita belum kelar dalam membaca E-Book, kita bisa mengunduh lagi dari Netgalley. Menurut Reviews By The Geek, E-Book memiliki tanggal archive di mana setelah tanggal itu, penerbit menghapus E-Book itu dari katalog NetGalley. Artinya, kita tidak bisa lagi men-download E-Book tadi. E-Book yang sudah di-download ke komputer atau tablet kita juga tidak akan bisa diakses setelah archive date itu. Tapi, jika kita memasukkan opsi setting send to Kindle dan sudah mengirimkan E-Book itu ke Kindle kita, kita akan tetap dapat membaca buku itu di Kindle device meskipun sudah melampaui archive date.


Netgalley: Publikasi Penerbit Dan Tempat Baca Buku Baru Gratis!



Nggak ada ruginya kita mencoba Netgalley ini. Berdasar fitur yang disajikan Netgalley, siapa sih yang bisa menolak kesempatan untuk membaca draft buku yang belum terbit dipasaran?

Advertisement