Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar

   Review buku seakan telah menjadi tren di luar negeri, sementara di Indonesia kegiatan ini masih sangat jarang dilakukan kecuali oleh golongan akademis. Seiring dengan perkembangan teknologi, rupanya kegiatan memberikan ulasan semakin populer. Coba saja lihat di sebuah media sosial seperti salah satunya media sosial bernama Instagram dengan hashtag ulasan buku.

   Maka hasil pencarian akan menampilkan mencapai ribuan. Hal tersebut menunjukan jika kini mulai banyak profesi reviewer. Pada dasarnya kegiatan tersebut bisa dilakukan oleh siapa saja, yang penting memiliki minat baca tinggi dan mampu menyerap informasi dengan baik. Tidak ada suatu aturan khusus yang digunakan untuk mengulas sebuah buku.

   Sebab tujuan melakukan hal itu ialah untuk memberikan informasi kepada calon pembaca mengenai isinya secara garis besar sekaligus menampilkan alasan mengapa mereka harus membacanya. Walaupun terdengar sepele akan tetapi ulasan ini sangat bermanfaat, lho. Sebab kamu bisa dengan mudah menemukannya sesuai kebutuhan.

   Di satu sisi juga menguntungkan penulis, mereka bisa mengorbitkan hasil karyanya dengan mudah, laris manis dipasaran hingga mampu mencetak jutaan eksemplar. Banyak sekali jenis yang bisa kamu ulas mulai dari novel, buku sastra, komik dan lain sebagainya. Sementara cara penulisannya terkesan singkat dan padat.

Langkah-Langkah Membuat Review Buku Berkualitas

   Bagi kamu yang ingin mengulas karya sastra bisa memperhatikan langkah-langkahnya terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut:

1.Melihat buku secara garis besar dan keseluruhan.

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar
Foto oleh Thought Catalog dari Pexels

   Langkah pertama yakni melihatnya secara keseluruhan, tidak disarankan membacanya terlebih dahulu akan tetapi perhatikan sampulnya, ilustrasinya atau hal lain yang terlihat mencolok. Usahakan melihat setiap halaman serta tampilan didalamnya. Dengan begitu kamu bisa memberikan penilaian bagaimana cara penulis menampilkan ilustrasinya.

2.Ketahui gambaran isi buku secara singkat.

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

   Cara review buku selanjutnya yakni mengetahui gambaran isinya sekilas saja. Dalam hal ini cobalah fokus pada jumlah halaman, penerbit, nomor isbn, harganya, profil penulis dan lain sebagainya. Atau juga bisa menambahkan kutipan menarik yang diadopsi dari pembukaan pada sampulnya. 

   Jika synopsis didalamnya bisa menarik pembaca maka kamu bisa menyematkannya pada ulasan yang dibuat. Akan tetapi perlu dihindari yakni memberikan spoiler dan juga plot twist sebab berpotensi menghilangkan minat para pembaca.

3.Buat framework terlebih dahulu.

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar
Foto oleh Startup Stock Photos dari Pexels

   Framework menjadi panduan ketika menulis ulasan. Sehingga hasil tulisan tersebut lebih terstruktur dan teratur. Cobalah memulai setiap chapter kemudian dilanjutkan dengan poin-poin setiap chapter untuk dikembangkan. Melakukannya bisa memudahkan mengingatnya tanpa perlu meraba-raba terlebih dahulu. Semakin masuk ke dalam kamu bisa membahas hal lebih kompleks meliputi tokoh yang terlibat, karakter setiap tokoh hingga kesimpulan ataupun nilai moralnya.

4.Susun pertanyaan mengenai buku yang akan di ulas.

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar
Foto oleh Pixabay dari Pexels

   Langkah paling mudah untuk menuliskan review sebuah buku yakni menyusun pertanyaan. Misalnya apa isi karya sastra tersebut? apa paling disukai? Bagian mana menjadi favorit? Siapakah tokoh paling berpengaruh? Serta pertanyaan lainnya. Selanjutnya cobalah menjawabnya dengan fokus dan mengarah dari setiap pertanyaan yang telah disusun tersebut. 

Anatomi yang Perlu Diperhatikan Ketika Menulis Review Buku

   Berikut ini anatomi atau standar pakem untuk digunakan ketika ingin menuliskan ulasan sebuah karya sastra yaitu sebagai berikut:

1.Cover buku.

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar
Foto oleh Thought Catalog dari Pexels

   Mengulas sebuah buku maka penting bagi kamu untuk menampilkan gambar covernya. Hal ini bertujuan untuk membantu para pembaca secara visual ketika mereka mencari apa saja judul yang direkomendasikan untuk dibaca. 

   Cover dianggap menjadi daya tarik paling besar agar orang-orang berminat untuk membacanya. Selain itu juga dipengaruhi dari judul tulisan. Semakin menarik judul buku maka semakin besar pembaca yang berminat meliriknya.

2.Rating review.

   Rating review merupakan nilai yang akan dipakai sebagai tolak ukur seberapa menarik buku tersebut atau seberapa puas perasaan kamu setelah membacanya. Rating yang diberikan satu penulis dengan penulis lain tentu berbeda satu sama lain, sebab mereka mempunyai pendapat serta selera masing-masing.

   Untuk menentukan rating bisa menggunakan beberapa poin seperti gaya bahasa yang digunakan, proses ketika membaca buku, moral story didalamnya, hingga klimak cerita atau kesan setelah membacanya. Gunakanlah tanda bintang 1 hingga 5 untuk menampilkan hasil rating yang akan dibuat.

3.Informasi buku.

   Menuliskan review buku maka wajib menampilkan informasi penting buku tersebut seperti judul, penulis, genre, tahun terbut, nomor ISBN, jumlah halaman, bahasa yang digunakan, harga dan lainnya. Usahakan menampilkan informasi selengkap mungkin agar para pembaca bisa menemukan keterangan selengkap-lengkapnya.

4.Periksa kembali tujuan mengulas buku.

   Jika telah menemukan seluruh aspek yang menjadi bahan ulasan sebuah buku. Maka selanjutnya kamu juga perlu memeriksa kembali apakah tujuan membuat ulasan tersebut. apakah ingin menjelaskan aspek-aspek penting buku, ataukah sekedar memberikan informasi kepada target audience dan lainnya. Tujuan ini harus disusun jelas dan transparan agar ulasan kamu bermanfaat dan mendatangkan keuntungan.

Manfaat Review Buku yang Perlu Diketahui

   Menuliskan ulasan sebuah buku bisa mendatangkan beberapa manfaat yaitu sebagai berikut:

1.Sebagai bahan pertimbangan.

Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar
Foto oleh Ivan Samkov dari Pexels

   Review bisa dipakai oleh pembaca guna mengetahui sekaligus mempertimbangkan bahan bacaan yang mereka minati. Hasil ulasan yang ada dari seorang reviewer dapat memberikan suatu gambaran mengenai suatu isi dari sebuah buku. Sehingga pembaca bisa mengetahui kelebihan ataupun kekurangan sebuah karya sastra.

2.Menambah wawasan.

   Menuliskan ulasan bisa menambah wawasan serta pengetahuan si penulis. Semakin banyak buku yang diulas maka ilmu kamu juga semakin banyak. Sebab secara tidak langsung kamu telah menguasai isinya secara keseluruhan. Sebab sebelum memutuskan menuliskan review pasti kamu telah membacanya terlebih dahulu.

3.Menambah sumber penghasilan.

   Masa modern seperti saat ini menulis review buku bisa menjadi ladang penghasilan, di mana kamu akan mendapatkan bayaran setelah selesai memberikan ulasan secara lengkap. Cobalah menawarkan tulisan hasil review yang sudah dibuat ke media online. Jika diterima dan disetujui tulisan kamu akan dimuat dan berhak mendapatkan fee. Dengan begitu kamu berkesempatan mendapatkan penghasilan tambahan.

4.Meningkatkan kemampuan menulis.

   Jika ingin meningkatkan kemampuan menulis, mengulas buku menjadi solusinya. Semakin banyak hasil karya orang lain yang di review maka kemampuan kamu akan semakin terasah. Dari sinilah kamu bisa meningkatkan kreativitas dan tidak menutup kemungkinan bagi kamu menjadi penulis profesional.

5.Sumber informasi.

   Membuat review buku maka bisa memberikan informasi buku kepada orang lain yang ingin mengetahui isinya. Sehingga mereka tidak perlu lagi membacanya dari awal, terlebih mereka hanya ingin mengetahui secara garis besar saja. 

   Menggunakan hasil resensi karya kamu, maka orang lain bisa dengan mudah dan cepat menemukan informasi sebuah buku. Disatu sisi lain, mengulas buku juga bisa menjadi catatan pribadi yang bisa bermanfaat di kemudian hari. Kamu tidak akan lupa dengan isi buku tersebut setelah membaca resensi yang telah dituliskan.

Banyak sekali manfaat saat menuliskan ulasan dari sebuah buku, baik untuk diri kamu sendiri dan juga memberikan manfaat untuk orang lain. Apabila kamu baru saja ingin memulai menuliskan resensi atau review buku maka perlu mengetahui langkah-langkahnya secara runtun agar bisa disusun secara sistematis.



Andrea Aldy.
Andrea Aldy. Andrea Aldy is a book freak with the goal to read every book in existence. He's aiming for immortality for this. When not reading, he writes things and blog.

4 comments for " Kiat Menulis Review Buku yang Baik dan Benar"

  1. Sangat bermanfaat, terumakasih

    ReplyDelete
  2. Aku juga masih belajar ketika mereview buku. Dan ini sangat membantu sekali. Terutama poin pertama sih, sebelum dibaca amati dulu sampulnya, ilustrasinya. Nah, aku orangnya malah suka baca buku random berdasarkan sampulnya, bahkan tanpa melihat sinopsisnya dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Afaik, bagian sampul atau ilustrasi yang ditampilkan sebenernya kan representasi dari isi buku itu sendiri, perannya mirip2 sama sinopsis. Tapi menurutku ga cukup hanya melihat sampulnya saja.

      Delete

Berlangganan via Email