Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari

   Buku islam merupakan salah satu bahan bacaan yang paling tepat untuk mengisi waktu luang. Selain menambah ilmu pengetahuan, aktivitas membaca mampu menghilangkan stress. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. David Lewis, Ahli Saraf dari University of Sussex, aktifitas membaca dapat mengurangi tingkat stress hingga 68%. “Subjek hanya perlu membaca dengan posisi santai selama 6 menit untuk memperlambat detak jantung dan meredakan ketegangan otot. Hal tersebut membuat tingkat stress lebih rendah daripada sebelum mereka membaca”, ungkap Dr David Lewis.

     Penelitian lainnya juga menjelaskan, aktifitas membaca mampu meningkatkan kualitas memori, daya berpikir, konsentrasi dan menganalisa sesuatu baik masalah atau strategi dalam menjalankan bisnis.

     Tetapi, kita perlu selektif dalam memilih buku. Tidak semua mempunyai kualitas. Terkadang, mereka hanya memburu popularitas saja. Sehingga, soal isi, materi, serta informasi tidak terlalu dipedulikan. Perihal agama memang jangan asal dan sembarangan, bisa mempengaruhi cara berpikir dan kesalahan dalam menjalankan ibadah.

  • Manfaat yang bisa Dirasakan saat Membaca Buku Islam

     Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat membaca buku. Hal tersebut mungkin tidak terasa, tetapi pengaruhnya luar biasa. Seperti, menambah wawasan baru di kehidupan sosial dan masyarakat. Perlu diketahui bahwa setiap tempat punya kebudayaan dan aturan yang harus ditaati saat kita berkunjung ke sana.

     Dengan membaca, kamu akan mengetahui bagaimana tradisi mereka. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Hal ini terjadi karena tradisi di setiap wilayah berbeda. Mungkin, sama-sama memeluk agama islam. Tetapi, tata cara pelaksanaan bisa jadi berbeda. Contohnya, satu masjid yang masih mengadaptasi tradisi jaman dulu.

     Jadi, sebelum masuk area wudu, ada sebuah kolam air. Siapa pun yang datang wajib masuk ke dalam kolam terlebih dulu. Fungsinya membersihkan kaki dari kotoran yang menempel di kaki. Budaya ini ada karena, dulu tidak ada sandal sebagai alas kaki. 

  • Sebagai Tujuan Hidup yang Dijalani oleh Manusia.

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari
Foto oleh Jack Sparrow dari Pexels

   Buku islam bisa mempengaruhi pola hidup kita baik secara sadar atau tidak. Agama merupakan pilar penting yang harus dimiliki setiap manusia. Dari sini suatu motivasi, dan suatu inspirasi sudah akan muncul dengan sendirinya. Terutama bagi mereka saat menghadapi berbagai masalah dan peristiwa.

     Dalam siklus hidup manusia masalah akan selalu datang silih berganti. Tidak hanya datang dari orang lain saja. Bisa juga dari orang terdekat seperti kekasih, orang tua, anak, adik, atau kakak. Dari sini, dengan membaca buku tentang keislaman, iman akan meningkat sekaligus cara menyelesaikannya.


     Jangan terburu-buru dalam menentukan keputusan hingga lebih fokus. Perlu diingat bahwa sesulit apa pun masalah pasti akan ada jalan. Menumbuhkan kepercayaan ini memang sulit. Bahkan, saat usia kamu sudah mencapai lebih dari 60 tahun. Belum tentu bisa melakukannya dengan baik.

     Oleh karena itu, sangat penting dalam memilih bahan bacaan. Terutama soal isi dan penggunaan katanya, mampu mempengaruhi jalannya pikiran. Contohnya dalam menghadapi masalah. Hadis nabi sangat banyak, petunjuk dalam Al-Qur’an pun beragam. Hanya untuk memahaminya setiap makna didalamnya terkadang sulit.

  • Tips dalam Memilih suatu Buku Islam.

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari
Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

   Agar tidak salah pilih, kita harus memperhatikan beberapa hal. Pertama kali lihat dulu judulnya. Biasanya, bagian ini adalah rangkuman dari seluruh isinya. Berbeda dengan artikel di media masa. Beberapa menempatkannya sebagai pancingan saja, sepenuhnya tidak ada pertanggungjawaban soal isi.

     Dalam penerbitan buku, hal seperti ini memang harus dihindari. Sebab, pembaca yang kecewa dengan kualitas penulis, karya selanjutnya tidak akan di beli. Reputasi mereka buruk hingga tidak adanya kepercayaan. Oleh karena itu, sangat penting memperhatikan siapa penulisnya. Sudah berapa kali menerbitkan buku.

     Lihat juga bagaimana cara mereka menyampaikan sesuatu. Baik dari hadis dan Al-Qur’an yang digunakan. Atau pemahaman mengenai penjabarannya. Semua harus diteliti dengan baik. Perlahan, bila sulit menilai, kamu bisa bertanya kepada beberapa teman. Atau mencarinya di mesin pencari.

     Perlu diketahui, pengaruh buku islam ini cukup hebat di kalangan generasi muda. Salah mengartikan, membuat pemikiran baru bermunculan. Menimbulkan penyimpangan kepercayaan dari ajaran seharusnya, dengan perbuatan. Jangan sampai tertipu dengan sampul. Bahan materi promosi para penerbit dan penulis berawal dari sampul.

     Teliti dulu sebelum membeli, apakah judul masih relevan atau tidak. Bila menyimpang terlalu jauh, lebih baik dilewati saja. Atau mungkin, salah cetak, halaman terbalik, kotor, ada cetakan tidak jelas. Kita sendiri nanti yang rugi, perlu diingat bahwa hukum agama harus jelas dari mana sumbernya.

  • Rekomendasi Buku Islam yang Tepat sebagai Bacaan di Rumah.

     Saat ini, bahan bacaan mengenai agama islam memang sudah banyak. Ada yang cara penyampaiannya mudah dipahami. Tetapi, tidak sedikit juga tata bahasanya sulit untuk dicerna. Di bawah ini, ada beberapa rekomendasi buku dari saya, sebagai bahan bacaan selama di rumah :

1.Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya karya Rusdi Mathari

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari
Foto Oleh 60dtk.com

  Buku ini mulanya adalah tulisan berseri selama dua tahun di Situs Web Mojok.co. Sejak kali pertama tayang, kisah sufi dari Madura bernama Cak Dlahom ini segera digemari. Dibaca lebih dari setengah juta pemirsa Mojok.co. Diantara bayak kisah yang tersaji di dalam buku ini, 5 diantaranya pernah saya bagikan di Forum Kaskus ketika bulan Ramadhan kemarin, dan menjadi Hot Thread disana.

    Didalam buku ini nantinya, kamu akan mendapati cerita unik yang mengisahkan kejadian sehari-hari disebuah desa di Madura. Sentra kisah ialah Cak Dlahom, duda tua yang hidup sendiri di sebuah gubuk dekat kandang kambing milik Pak Lurah. Dlahom kerap menjadi komentator atau penyulut perbincangan mengenai substansi ibadah, yang membuat para tetangganya merenungkan ulang pemahaman mereka tentang agama Islam..

2.Laki-Laki yang Tak Berhenti Menangis Karya Rusdi Mathari

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari
Foto Oleh Meita Eryanti @bukumee

    Banyak sekali persoalan rumit kehidupan, penyelesaian masalahnya justru menggunakan cara yang sederhana. Seperti kisah yang tersaji di dalam buku ini. Buku Laki-Laki Yang Tak Berhenti Menangis karya Cak Rusdi ini adalah buku kedua Rusdi Mathari yang saya baca setelah Merasa Pintar, Bodoh Saja Tak Punya. Di dalamnya tersaji kisah kisah sederhana namun ulasannya begitu mendalam.

      Ditulis dengan gaya penceritaan seperti dongeng sebelum tidur,membuat kenyamanan tersendiri ketika membaca kisah-kisah yang ada didalamnya. Kisah-kisah nya juga dikemas dengan petuah-petuah mengenai refleksi diri dan pemahaman mengenai islam yang santun, tidak grasa-grusu, dan lembut.

    Hal yang patut digaris bawahi terutama karena islam sekarang sering kali disampaikan dengan nada-nada kelewat keras, sehingga terkesan menakutkan.

    Saya sangat merekomendasikan kalian untuk membaca buku ini, bukan hanya isinya yang bagus, tampilan fisik buku ini juga menarik, dengan tebal buku yang tidak lebih dari 120 halaman, saya rasa kamu dapat menyelesaikan membaca buku ini dengan sekali baca saja. Tentu saja akan lebih nikmat jika ditemani secangkir kopi panas selagi kamu membacanya.


3. Hidup itu Harus Pintar Ngegas & Ngerem Karya Emha Ainun Nadjib

Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari
Foto Oleh nu.or.id

     Buku islam terakhir yang saya rekomendasikan adalah Hidup itu Harus Pintar Ngegas & Ngerem. Keragaman ceramah Cak Nun yang penuh dengan Nasihat-Nasihat Kearifan terklasifikasikan dengan baik dalam buku ini. Beberapa materi yang tersaji didalamnya menjadi tamparan keras buat saya pribadi ketika kali pertama membaca buku ini, bukan apa-apa, tapi lebih sebagai motivasi tambahan buat saya pribadi. 

     Saya menyukai betul bagaimana kepiawaian beliau dalam menjelaskan masalah-masalah yang dibahas dengan caranya yang khas. Selain mengikuti karyanya yang dicetak dalam sebuah buku, saya juga pernah menghadiri dakwahnya beberapa waktu yang lalu. Seperti yang kita tau, materi tentang religi atau spiritual terkadang menjadi materi yang berat untuk dipahami, namun menjadi sebaliknya oleh Cak Nun ini. Kalau kata Candra Malik, “Cak Nun itu menyampaikan kabar langit dengan Bahasa yang membumi.”

     Sejauh yang saya perhatikan, bukan hanya sekedar berdakwah, Cak Nun Bersama Kiai Kanjeng melalui Maiyahnya telah berkembang menjelma semacam corong perdamaian. Masih banyak lagi dalam buku ini kebijaksanaan Cak Nun yang bisa kita ambil agar kearifannya dalam menyikapi situasi dan kondisi tertular pada kita.

     Indahnya dakwah adalah ketika kita memahami bahwa wilayah kita di proses, bukan di hasil. Seringkali orang-orang berdakwah itu merasa dirinya bisa bahkan memberikan hidayah, itu bahayanya. Ketika sebagai pendakwah dia bermain sebagai tuhan, yang seolah-olah punya kuasa luar biasa mengkafirkan,mensyirikan, atau mengislamkan, atau menganggap orang lain beriman atas dasar kekuatan dakwahnya itu.

     Sekarang ini semakin banyak populasi orang kafir di Indonesia, karena semakin banyak pula orang yang suka mengkafirkan orang lain, jadi jumlahnya bertambah banyak, bahkan sesama muslim pun saling mengkafirkan. Jadi populasinya membengkak, sekarang mayoritas umat di Indonesia bukan lagi umat islam tapi umat kafir. Ya... itulah demokrasi.

     Umat islam akhir-akhir ini semakin sensitif, ketika panjang pendeknya bacaan dianggap keliru,dianggap menimbulkan arti lain, bahkan kemudian berselisih paham atas nama tafsir dan lain sebagainya. Barangkali kita perlu berfikir ulang tentang bagaimana mendakwahkan agama kita kalau memang kita cinta betul dengan islam.

    Demikianlah artikel kali ini, membaca buku merupakan aktivitas terbaik dalam mengembangkan diri sendiri. Peranannya dikehidupan begitu luar biasa. Mungkin tidak terasa secara langsung, melainkan perlahan mampu mengubah arah dan cara memandang sesuatu. Jangan sampai salah dalam memilih bahan bacaan, termasuk buku islam agar tetap sesuai dengan kaidahnya.


Andrea Aldy.
Andrea Aldy. Andrea Aldy is a book freak with the goal to read every book in existence. He's aiming for immortality for this. When not reading, he writes things and blog.

Post a comment for "Peran dan Manfaat Buku Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari"

Berlangganan via Email