Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini

 

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini

    Minat baca menjadi hal yang wajib disadarkan sedini mungkin pada anak-anak. Mengingat kegiatan tersebut memiliki manfaat besar untuk perkembangan otak serta motoriknya. Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua ketika mulai mengajari buah hati untuk belajar membaca.

     Membiasakan anak usia dini untuk membaca dapat membuat kemampuannya berkembang pesat. Sementara jika tidak dibiasakan, besar kemungkinan mereka akan mengalami kesulitan dikemudian hari. Menurut penelitian, anak usia dini yang telah dikenalkan dengan bahan bacaan, maka mereka akan memiliki perbendaharaan kosakata lebih banyak.

     Disatu sisi lain juga berpotensi meningkatkan kemampuan berbicara serta menambah pengetahuan. Terlebih usianya mulai dari empat tahun menjadi masa keemasan yang harus dimaksimalkan. Masa tersebut disebut dengan periode emas di mana kemampuan otak anak mampu berkembang pesat.

    Apabila masa tersebut bisa dimaksimalkan besar kemungkinan anak-anak memiliki IQ tinggi dan tumbuh menjadi pribadi cerdas. Pengoptimalan juga bisa dilakukan dengan menumbuhkan keinginan baca mereka agar kemampuannya bisa terus diasah. Banyak macam jenis suatu metode yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang bisa dipilih agar mereka ingin terus belajar.

  • Kiat Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak

    Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membuat si kecil menyukai kegiatan membaca, yaitu sebagai berikut:

1.Biasakan membacakan buku sejak lahir.

     Setiap bayi yang baru dilahirkan berpotensi menjadi pribadi cerdas. Walaupun usianya masih 0 tahun dan belum mempunyai kemampuan mencerna apapun dari sekitarnya. Akan tetapi mereka telah dianugerahi kemampuan merekam. Untuk itu kamu disarankan membiasakan membacakan buku dengan metode Read a Loud, yaitu membacakan anak buku cerita dengan suara yang nyaring dan jelas. Read a Loud ini sangat baik diterapkan sebagai langkah awal memperkenalkan anak pada kemampuan dasar literasi, yaitu mendengarkan. Jika dilakukan secara teratur kegiatan ini bisa merangsang kerja otak.

2.Bacakan dongeng sebelum tidur.

     Cara mendidik anak agar gemar membaca yakni dengan membiasakan membacakan dongeng sebelum tidur. Aktifitas ini bisa menumbuhkan minat melalui alam bawah sadar mereka. Sehingga lambat laun keinginannya bisa tumbuh dengan secara alami dengan sendirinya. Orang tua yang terlibat secara langsung sekaligus dapat menyampaikan nilai moral yang terkandung pada dongeng tersebut.

3.Sediakan bahan bacaan di rumah.

     Untuk menumbuhkan minat baca cara paling efektif yakni menyediakan beragam buku, majalah, komik, cerpen, novel, dan lain sebagainya. Pilihlah buku-buku yang dilengkapi dengan gambar menarik dan berwarna-warni agar anak semakin tertarik untuk membacanya. Jika perlu sediakan tempat atau ruangan khusus sebagai ruang baca.

4.Beri hadiah dengan buku.

     Hadiah menjadi satu pemberian paling menyenangkan untuk buah hati. Memilih hadiah berupa buku bisa menjadi rekomendasi untuk para orang tua agar si kecil mencintai buku. Pilihlah jenis buku yang mereka sukai seperti novel, majalah anak dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa mencoba memberikan hadiah saat mereka telah menyelesaikan membaca buku tersebut.

  • Manfaat Membaca untuk Anak Usia Dini

     Ternyata kegiatan membaca mempunyai dampak besar pada anak usia dini, yaitu sebagai berikut:

1.Melatih keterampilan berkonsentrasi.

     Anak yang mempunyai minat baca tinggi maka meraka akan terlatih konsentrasinya. Meskipun mereka hanya sekedar membolak balikan halaman ataupun melihat gambarnya saja. Perlu diketahui jika kegiatan itu melatih mereka lebih fokus pada objek yang mereka pegang. Anak akan terbiasa berkonsentrasi sehingga ketika sekolah nanti mereka bisa menyerap informasi dengan sangat mudah.

2.Meningkatkan kemampuan berpikir.

     Membaca terbukti ampuh meningkatkan kognitifnya. Kemampuan tersebut berkaitan erat dengan cara berpikir dan memahami sesuatu. Kegiatan ini jika dilakukan secara rutin bisa berpengaruh positif pada perkembangan otak. Anak-anak juga berpotensi memiliki imajinasi serta kreativitas tinggi bahkan ikut mencari solusi dari konflik yang hadir pada bacaan.

3.Meningkatkan keterampilan bahasa.

     Membiasakan buah hati dengan bahan bacaan secara tidak langsung mampu meningkatkan keterampilan bahasa mereka. Anak-anak bisa berkomunikasi lebih luas menggunakan kata-kata baru sebab dari buku mereka menemukan kota kata baru yang mungkin belum dikenal sebelumnya. Semakin banyak kosa kata yang diserap akan semakin baik hingga membuatnya terampil berbahasa dan minat baca menjadi meningkat.

4.Sukses meraih prestasi akademik.

     Minat membaca perlu ditumbuhkan sedini mungkin dengan alasan mampu membantu anak-anak dengan mudah sukses meraih prestasi akademik. Membaca menjadi modal awal ketika mereka menuntut ilmu. Dari kegiatan itulah berbagai macam mata pelajaran ataupun bahan ajar lainnya dapat dikuasai dengan mudah. 

  • Solusi Atasi Anak dengan Minat Baca Rendah

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini
Sumber: pexels.com

     Tidak setiap anak menunjukan ketertarikannya pada sumber bacaan, jika sudah begini maka orang tua pasti panik dan merasa kesal. Untuk mengatasi hal ini ada beberapa solusi yang bisa kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

1.Hindari memarahi dan memberikan hukuman.

     Saat anak menolak untuk membaca maka hindari bersikap keras atau memarahinya. Hal ini hanya akan membuang tenaga kamu sekaligus berdampak buruk pada psikologis mereka. Mereka justru akan semakin menjauhi buku dan merasa malas menyentuhnya. Akan menjadi lebih baik jika kamu memberikan sebuah bujukan yang bersifat secara halus dan secara perlahan. 

2.Cari celah dan lakukan pendampingan.

     Strategi paling jitu mengatasi anak dengan minat baca rendah yakni orang tua harus pandai mencari celah. Berikan buku disaat anak tengah bersemangat dan moodnya sedang baik. Kamu juga perlu melakukan pendampingan, agar mereka merasa diperhatikan dan tidak sendiri. Jika perlu bantulah mencerna isi bacaan apabila dan poin yang tidak dimengerti.

3.Ajak ke perpustakaan.

     Perpustakaan menjadi gudang buku dengan koleksi terlengkap. Cobalah mengajak buah hati kamu mengunjunginya dan biarkan mereka memilih jenis buku sesuai dengan selera mereka masing-masing. Membiasakan mengunjungi perpustakaan dapat menumbuhkan keinginan mereka untuk membaca. Terlebih tempatnya menyenangkan lengkap dengan berbagai koleksi.

4.Terus berikan motivasi.

     Peran orang tua agar si kecil lekat dengan buku memang sangat dibutuhkan, terutama motivasi yang mereka berikan. Untuk itu pastikan kamu selalu memberikan dukungan kepada anak agar mereka tidak merasa bosan ataupun malas menyentuh setiap halaman sebuah buku.

  • Pengaruh Minat Membaca Dengan Kemampuan Berbicara

Tips Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini
Sumber: pexels.com

     Kemampuan berbicara ternyata erat kaitannya dengan kemampuan membaca. Bisa dipastikan setiap anak yang pandai membaca maka ia akan memiliki kemampuan berbicara sangat baik. Mereka bisa mempunyai suatu kosa kata perbendaharaan yang lebih tinggi dibanding dengan mereka yang tidak gemar untuk membaca.

     Sebagai seorang orang tua sudah seharusnya untuk melakukan berbagai macam usaha dalam rangka untuk menumbuhkan minat baca pada anak sejak usia masih dini. Membiasakannya menyentuh buku-buku bacaan akan bermanfaat di kemudian hari ketika meraka memasuki usia sekolah. Anak-anak jauh lebih cerdas dan mampu berpikir kreatif serta logis.

     Komunikasi mereka menjadi lebih lancar sebab penggunaan kata lebih luas. Dari buku bisa ditemukan kosa kata baru dan diaplikasikan saat berbicara dengan orang lain. Untuk itu setiap orang tua hendaknya memberikan bahan bacaan berkualitas. Jika memberikan buku dongeng, pastikan mereka memahami nilai moral yang terkandung didalamnya.

     Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi salah tafsir mengingat kemampuan anak mencerna sebuah bacaan berbeda-beda. Terlebih anak usia dini yang masih memerlukan pendampingan. Membiasakan anak dengan buku berpotensi besar membentuk kepribadian berkualitas serta kemampuan motoriknya berkembang pesat.

  Bahkan bukanlah menjadi hal mustahil anak kamu akan menjadi seorang motivator besar ataupun pribadi yang pandai berkomunikasi sebab telah dibekali dengan minat baca sejak kecil. Demikianlah artikel kali ini, semoga pembahasannya bisa membantu para orang tua yang dalam mendidik buah hati mereka dalam hal ini agar mempunyai minat baca yang baik.

Andrea Aldy.
Andrea Aldy. Andrea Aldy is a book freak with the goal to read every book in existence. He's aiming for immortality for this. When not reading, he writes things and blog.

Post a comment for "Tips Meningkatkan Minat Baca Anak Sejak Usia Dini "

Berlangganan via Email